Solusi Menghadapi Mata Lelah

Sebenarnya apa sich mata lelah itu? Mata yang sering digunakan dengan intensitas tinggi dapat menjadi lelah, terutama jika Anda memiliki banyak pekerjaan atau sering begadang. Untuk kebiasaan yang salah seperti terlalu banyak bermain game dan menonton TV dalam waktu yang lama juga dapat berdampak buruk pada mata.

Mata lelah adalah kondisi ketika mata Anda merasa kelelahan, tegang, atau tidak nyaman setelah digunakan dalam waktu yang lama. Gejala mata lelah meliputi perasaan berat di mata, penglihatan kabur, mata kering, dan ketidaknyamanan saat membaca atau melihat layar komputer.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata lelah antara lain:

  • Penggunaan Gadget: Terlalu lama menatap layar gadget (seperti ponsel atau tablet) dapat menyebabkan mata lelah. Akan tetapi ini tidak dikatakan salah jika memang orang itu pekerjaannya di dunia game seperti youtuber game, reviewer dan juga pemain game itu sendiri
  • Bekerja di Depan Komputer: Pekerjaan yang memerlukan penggunaan komputer dalam waktu lama juga dapat menyebabkan mata lelah.
  • Kurang Tidur: Kurang tidur dapat membuat mata terasa lelah dan kering.
  • Pencahayaan yang Buruk: Lingkungan dengan pencahayaan yang kurang baik juga dapat memengaruhi kesehatan mata.

Berikut adalah beberapa cara mencegah mata lelah secara alami:

  1. Atur Pencahayaan dan Posisi Layar Komputer:
    • Pastikan pencahayaan pada komputer atau gawai yang Anda gunakan tidak terlalu terang atau menyilaukan mata.
    • Jaga jarak pandang yang aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50–66 cm.
    • Gunakan kursi yang dapat disesuaikan posisinya agar mata dan layar komputer tetap dalam jarak yang aman.
  2. Atur Pencahayaan Ruangan:
    • Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang. Sesuaikan tingkat pencahayaan di komputer atau gawai dengan pencahayaan ruangan.
  3. Istirahatkan Mata Secara Berkala:
    • Setiap 20 menit bekerja, istirahatkan mata setidaknya selama 20 detik.
    • Alihkan pandangan dari layar komputer atau gawai selama istirahat.
  4. Lakukan Perawatan Mata Secara Rutin:
    • Kompres mata dengan kain yang dibasahi air hangat untuk melembapkan mata kering.
    • Gunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata.

Nah untuk tampilan mata lelah yang biasanya ada tanda hitam disekitar kelopak mata ini ada cara untuk mengatasinya. Kurang tidur karena harus beraktivitas di malam hari biasanya menyisakan tampilan mata lelah, berkantung, bahkan bengkak. Tenang, coba trik ini untuk menyamarkan mata lelahmu.

solusi mata lelah

  1. Jangan melewatkan rutinitas perawatan kulit rutin
    Sesibuk apapun jangan lupakan rutinitas merawat kulit, terutama di malam hari. Gunakan Artistry™ Vitamin C + HA3 Daily Serum yang memiliki 3 ukuran molekul HA sehingga mampu menghidrasi, melembapkan, menambah elastisitas kulit, dan menghaluskan tampilan garis ekspresi atau kerutan lainnya. Ketika bangun, kulit pun terlihat segar kembali!
  2. Berikan perawatan khusus pada mata
    Sebelum tidur jangan lupa oleskan Artistry Skin Nutrition Renewing Reactivation Eye Cream. Krim Artistry Skin Nutrition Renewing Reactivation Eye Cream mampu mengaktifkan kembali kemampuan alami kulit agar kulit sekitar mata terlihat lebih muda dan sehat. Paginya, gunakan eye pad seperti Artistry Studio Eye Pads dengan bahan-bahan Zen+Energy bersumber dari Seaweed & Algae yang memberikan sensasi relaksasi dan kesegaran instan.
  3. Buat riasan mata yang segar
    Riasan mata yang lebar akan menghilangkan kesan mata yang lelah. Gunakan Artistry™ Automatic EyeBrow Pencil, pensil alis dengan sistem putar yang nyaman untuk membentuk alis yang sempurna dan akan memberikan bingkai ideal untuk mata. Lanjutkan dengan maskara Artistry Studio Lash Boosting 3-in-1, gunakan kuas multi-tasking untuk menambah volume, mengangkat, dan memisahkan bulu.
  4. Ciptakan “keajaban” dalam riasan
    Aplikasikan Artistry Exact Fit™ Perfecting Concealer satu tingkat lebih cerah, oleskan sedikit di bawah mata, di sepanjang bagian dalam mata dan di bawah hidung, tepuk-tepuk dengan lembut agar tercampur. Sampai jumpa, kantung mata!
  5. Siapkan energi
    Sekarang setelah kamu terlihat siap, jangan lupa sarapan dulu untuk mengisi energimu sebelum beraktivitas. Tambahkan 2 scoop Nutrilite Hi-Protein ke dalam menu sarapanmu. Bawa Phytobites, protein bar sehat sebagai camilan sehatmu!

Jika gejala mata lelah berlanjut atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan mata adalah hal penting untuk kenyamanan dan produktivitas sehari-hari .

Check Also

olahraga saat puasa

Mengapa Berolahraga saat Puasa Penting? Temukan Jawabannya di Sini!

Berpuasa dan berolahraga sebenarnya bisa berkaitan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *