Nutrisi dan Latihan untuk Kesehatan Optimal di Masa Menopause

Menopause merupakan periode yang menantang karena fluktuasi atau perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Untuk mengantisipasi perubahan pada tubuh dan suasana hati yang mungkin mengganggu aktivitas sehari-hari, beberapa langkah persiapan bisa dilakukan.

Kesehatan Optimal di Masa Menopause

  1. Perawatan Kesehatan Tulang: Setelah menopause, terjadi penurunan signifikan kepadatan tulang akibat hilangnya perlindungan yang diberikan oleh estrogen. Melakukan latihan beban dan kekuatan pada rutinitas olahraga dapat membantu menjaga kekuatan tulang. Tidak kalah penting juga diperlukan asupan kalsium harian yang memadai juga penting; NutriliteTM CalMag D mengandung sumber kalsium dari rumput laut serta 10 mcg Vitamin D3 per 3 tablet untuk memenuhi kebutuhan harian setara dengan 400 IU.
  2. Pengaturan Berat Badan: Saat menjelang menopause, metabolisme melambat sehingga kemungkinan penambahan berat badan lebih besar dan penurunan berat badan menjadi lebih sulit, ini memang sulit dihindari karena dari metabolisme yang melambat. Cara sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah menerapkan pola makan sehat dengan keseimbangan gizi tinggi akan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dianjurkan.
  3. Pemahaman Gejala: Mengenali gejala khas transisi menuju menopause seperti hot flashes dan perubahan dalam siklus menstruasi sangat penting. NutriliteTM Primrose Plus dapat menjadi pilihan untuk meredakan keluhan pada fase ini, mengandung Gamma Linoleat (GLA) dari Minyak Bunga Evening Primrose dan Borage, bersama dengan chastebeery, jahe, ekstrak dong quai, lemon, dan karoten yang membantu mengurangi keluhan pada fase pre-menopause.
  4. Olahraga Rutin: Aktivitas fisik berkontribusi dalam menjaga berat badan, kualitas tidur, mengurangi tingkat depresi, meningkatkan kekuatan tulang, serta pembentukan massa otot yang dapat membantu dalam pembakaran kalori lebih efisien.
  5. Latihan Kegel: Melakukan senam Kegel secara rutin membantu menjaga kekuatan otot panggul, memberikan manfaat jangka panjang.
  6. Pola Tidur yang Tepat: Gangguan tidur sering terjadi sebelum menopause. Perubahan kebiasaan tidur dengan mengurangi konsumsi kafein di sore hari, membatasi penggunaan gadget sebelum tidur, dan menjaga suhu kamar agar nyaman dapat membantu. Penggunaan AtmosphereTM Mini dapat membantu menjaga udara di dalam kamar agar bersih dan membuat proses tidur menjadi lebih nyaman.

Nah dari 6 langkah ini, insyaallah mudah dan bisa dilakukan oleh orang yang mau melakukan. Masalahnya hanya satu yaitu tingkat kemauan kita untuk melakukannya. Semoga tulisan ini bermanfaat

Check Also

olahraga saat puasa

Mengapa Berolahraga saat Puasa Penting? Temukan Jawabannya di Sini!

Berpuasa dan berolahraga sebenarnya bisa berkaitan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *