6 Kebiasaan yang Merugikan dan Merusak Ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam metabolisme tubuh kita, fungsi kerjanya sangat banyak terutama dalam bidang penyaringan atau filter darah dalam tubuh kita. Kebiasaan harian kita ternyata bisa memengaruhi kesehatan ginjal. Berikut 6 kebiasaan umum yang mungkin tidak disadari memberi tekanan pada ginjal.

6 Kebiasaan yang Merugikan dan Merusak Ginjal

Penggunaan obat penghilang rasa sakit secara berlebihan

Sembarangan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa memperhatikan dosis atau saran dokter bisa memicu kerusakan ginjal. Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter juga bisa menyebabkan hal yang sama. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja dengan keras demi mengolah obat-obatan ini sehingga akhirnya rentan mengalami kerusakan.

Obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti NSAID (obat antiradang nonsteroid) dan Analgesik, jika dikonsumsi berlebihan bisa membahayakan ginjal. Kurangi penggunaannya secara teratur dan jangan pernah melebihi dosis yang dianjurkan.

Kurang tidur

Istirahat malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan keseluruhan, termasuk ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam. Kurang tidur akan membuat ginjal menjadi lebih tegang dan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini akhirnya bisa berimbas pada kerusakan organ ini dengan signifikan.

Terlalu banyak makan daging

Protein hewani menghasilkan asam yang tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis, yaitu ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat. Batasi konsumsi daging dan imbangi dengan sayuran dan buah.

Terlalu banyak makan makanan olahan serta tinggi gula

Makanan olahan adalah sumber natrium dan fosfor yang signifikan. Asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan dapat membahayakan ginjal dan tulang. Begitu juga dengan gula berkontribusi terhadap obesitas yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal. Perhatikan kandungan bahan pada kemasaan makanan dan hindari menghindari tambahan gula dalam makanan.

Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Tak hanya bisa menyebabkan kerusakan atau penyakit pada hati, hobi mengonsumsi minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis hingga dua kali lipat! Orang yang merokok lebih cenderung memiliki protein dalam urin, yang merupakan tanda kerusakan ginjal. Peminum berat yang juga merokok memiliki risiko masalah ginjal yang lebih tinggi.

Rokok bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat besar bagi hampir semua bagian dan organ tubuh. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam memicu peningkatan tekanan darah dan merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal. Sebuah penelitian membuktikan bahwa hobi merokok hingga 16 tahun lamanya bisa meningkatkan risiko kanker ginjal hingga 40 persen!

Kurang minum

Tak hanya akan menyebabkan rasa haus atau dehidrasi, kurang minum juga bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja dengan keras untuk menyaring darah yang jauh lebih kental akibat tidak seimbangnya cairan tubuh. Hal inilah yang kemudian akhirnya menurunkan fungsinya dengan signifikan.

Tetap terhidrasi dengan baik akan membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minumlah air yang cukup dan pastikan air minummu bebas kontaminan, dengan cara menggunakan penjernih air eSpring™ Water Treatment System.

eSpring™ Water Treatment System merupakan penyaring air yang meningkatkan rasa, dan kualitas air minum sehari-hari. eSpring™ Water Treatment System Secara efektif mengurangi lebih dari 140 kontaminan berbahaya dan mempertahankan mineral bermanfaat seperti kalsium dan magnesium.

Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang eSpring™ Water Treatment System silahkan klik tombol dibawa ini jika tertarik silahkan masukkan troli serta mendaftar sebagai pelanggan prioritas agar mendapatkan harga spesial

Klik Disini Untuk Info Lanjutan

Check Also

olahraga saat puasa

Mengapa Berolahraga saat Puasa Penting? Temukan Jawabannya di Sini!

Berpuasa dan berolahraga sebenarnya bisa berkaitan, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *