12 TANDA-TANDA KONDISI KAKI SESEORANG YANG MENGALAMI GULA DARAH TINGGI

Menurut dr Ema Surya Pertiwi, seseorang dapat diketahui kondisi gula darahnya tinggi dengan melihat 12 tanda-tandakondisi kaki. Gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan syaraf yang disebut dengan diabetik neuropati, dimana penderita diabetes mengalami kerusakan di kaki, seperti kram, nyeri, maupun keringat pada kaki.

Berikut 12 tanda-tanda yang harus kalian ketahui pada kaki saat gula darah sedang tinggi

12 tanda kaki pada penderita diabetes

Telapak Kaki Terasa Kedinginan atau Kepanasan

Rusaknya syaraf mempengaruhi rasa pada kaki terutama pada telapak kaki, biasanya orang dengan gula darah tinggi yang tidak terkontrol merasakan telapak kakinya sangat dingin atau bahkan terasa hangat, padahal suhu tubuhnya normal.

Kaki Terasa Nyeri Seperti Ditusuk Banyak Jarum

Syaraf tidak hanya mengontrol panas dan dingin, termasuk rasa nyeri.

Ketika diabetes neuropati ini menyerang syaraf yang mempengaruhi rasa nyeri, biasanya penderita diabetes merasakan kaki seperti disayat atau ketika berjalan telapak kaki terasa seperti ditusuk paku dan sangat tidak nyaman.

Kaki Mati Rasa

Terkadang kadar gula darah tinggi juga menghalangi syaraf nyeri sehingga kaki terasa mati rasa. Gejala yang paling terlihat saat berjalan ataupun menginjak sesuatu tidak merasakan nyeri sama sekali.

Kaki Geringgingan dan Kram

Menyempitnya pembuluh darah pada kaki sehingga membuat kaki terasa kram dan geringgingan sepanjang hari walaupun dibuat berjalan atau pun tidur, hal itu diakibatkan gula darah yang sedang tinggi.

Kaki Kapalan

Penumpukan jaringan di area telapak kaki sering terjadi pada penderita diabetes, akibat kaki mati rasa hingga tidak terasa saat berjalan dan meningkatkan munculnya kaki kapalan pada penderita diabetes.

Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Kerusakan syaraf juga berpengaruh terhadap kelenjar keringat pada kaki, biasanya kulit kaki penderita diabetes merasa kering dan bersisik akibat kerusakan syaraf pada kelenjar keringat yang menurunkan produksi keringat pada kaki.

Kaki Charrots

Kerusakan syaraf yang terlalu lama menyebabkan kaki mati rasa sehingga penderita diabetes sulit untuk mengontrol letak kakinya, ini bisa menyebabkan perubahan bentuk kaki, diawali dengan perubahan warna kemerahan, hangat, dan bengkak pada kaki, tulang kaki, dan jari kaki juga dapat patah.

Jamur Kuku

Gula darah tinggi juga dapat meningkatkan infeksi termasuk adanya jamur pada kuku, terutama kuku jempol kaki. Biasanya muncul warna keputihan, bau tidak sedap di area jempol kaki.

Jamur Kaki

Jamur mudah muncul pada penderita diabetes karena gula darah tinggi pada darah rentan meningkatkan resiko infeksi. Biasanya jamur ada di area sela-sela telapak kaki.

Pada orang biasa, jamur kaki akan terasa sangat gatal, namun pada penderita diabetes yang syarafnya sudah rusak, biasanya tidak terasa gatal dan mudah menyebar dengan cepat.

Diabetik Dermopati

Penyakit kulit khas diabetes yang muncul berbentuk cekungan berwarna hitam, kecoklatan, yang mirip seperti bekas luka bakar di area tubuh seperti lengan, perut, dan paling sering di tungkai kaki.

Kaki Melepuh

Gejala ini mirip seperti kena air panas atau pun setrika, kulit melepuh dan berisi air ditengahnya yang disebabkan gula darah tinggi dan tidak terkontrol.

Jika tidak diobati dengan baik maka kulit yang melepuh itu akan meninggalkan bekas luka infeksi yang semakin sulit sembuh.

Luka Sulit Sembuh

Ketika gula darah terlalu tinggi maka kaki akan terasa kram, mudah terkena infeksi, apalagi tidak terasa nyeri sama sekali ketika berjalan dan akhirnya gampang terluka.

Ketika gula darah tinggi, maka luka tersebut akan sulit sembuh yang menyebabkan munculnya Ulkus Diabetik. Kaki yang tidak sembuh akan menyebabkan infeksi lanjutan, dimana Ulkus Diabetik ini jika tidak dirawat dengan baik bisa menyebar dengan cepat ke arah bagian kaki lainnya, bahkan meningkatkan resiko amputasi.

Pentingnya menjaga kadar gula darah

Glukosa (zat gula) darah adalah gula yang dibawa aliran darah ke semua sel dalam tubuh untuk memasok energi. Jika kadar glukosa terlalu rendah, maka bisa kehilangan kemampuan untuk berpikir dan berfungsi secara normal; jika terlalu tinggi dan tetap tinggi, dapat menyebabkan kerusakan atau komplikasi pada tubuh selama bertahun-tahun. Risiko diabetes dan penyakit jantung adalah contoh akibat kadar gula yang tinggi.

Waspadai asupan karbohidrat

Dua bentuk utama karbohidrat adalah gula (seperti fruktosa, glukosa) dan laktosa. Karbohidrat bisa ditemukan dalam makanan seperti sayuran bertepung (seperti kentang atau jagung), biji-bijian, nasi, roti, dan sereal. Karbohidrat memang sumber energi dan bahan bakar tubuh, namun jika berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Konsumsi kromium

Kromium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit. Kromium berperan untuk membantu mengolah karbohidrat dan menjaga kadar gula darah supaya tetap normal. Itu sebabnya para ilmuwan Nutrilite menciptakan NutriliteTM Dia-B Chrompic yang memiliki kandungan Chromium Picolinate yang bermanfaat dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi. Nutrilite Dia-B Chrompic juga mengandung Ekstrak Garcinia Cambogia dan Gymnema Sylvestre yang mendukung metabolisme karbohidrat serta membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Klik tombol dibawa ini untuk mendapatkan info secara lengkap dan juga harga prioritas pelanggan

Dia-B-Chrompic

Check Also

waktunya ngemil

Ngemil Boleh, Asal Tahu Waktu yang Pas dan Pilihan Camilannya

Ngemil adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang, baik karena lapar, bosan, stres, atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *